Masa Depan Transistor  

Diposting oleh elektronika

Pengumuman pertama penemuan transistor bertemu dengan hampir tidak ada gembar-gembor. Sirkuit terpadu awalnya dianggap hanya berguna dalam aplikasi militer. Mikroprosesor's investor menarik keluar sebelum dibangun, berpikir itu membuang-buang uang. Transistor dan keturunannya secara konsisten telah undervalued - namun ternyata melakukan lebih dari siapa pun diperkirakan.

Prediksi hari ini juga mengatakan bahwa ada batas berapa banyak transistor dapat dilakukan. Kali ini, prediksi adalah bahwa transistor tidak bisa relatif jauh lebih kecil daripada mereka saat ini adalah. Kemudian lagi, pada tahun 1961, para ilmuwan memprediksi bahwa tidak ada transistor pada sebuah chip bisa lebih kecil dari 10 sepersejuta meter - dan pada chip Intel Pentium modern mereka adalah 100 kali lebih kecil dari itu.

Dengan melihat ke belakang, seperti tampak prediksi konyol, dan sangat mudah untuk berpikir bahwa saat ini prediksi akan terdengar konyol sama seperti tiga puluh tahun dari sekarang. Tapi prediksi modern batas ukuran didasarkan pada fisika yang sangat mendasar - ukuran atom dan elektron. Sejak transistor berjalan di arus listrik, mereka harus selalu, tidak peduli apa pun, setidaknya cukup besar untuk memungkinkan elektron melalui.

Di sisi lain, semua yang benar-benar dibutuhkan adalah satu elektron pada suatu waktu. Suatu transistor cukup kecil untuk beroperasi dengan hanya satu elektron akan menjadi fenomenal kecil, namun secara teori. Transistor di masa depan bisa membuat keripik modern tampak sebagai besar dan besar seperti tabung vakum tampaknya kita hari ini. Masalahnya adalah begitu perangkat menjadi yang kecil, semuanya bergerak menurut hukum mekanika kuantum - dan mekanika kuantum elektron memungkinkan untuk melakukan hal-hal aneh. Dalam sebuah transistor yang kecil, elektron akan bertindak lebih seperti gelombang daripada satu partikel. Sebagai gelombang itu akan smear dalam ruang, dan bahkan bisa terowongan jalan melalui transistor tanpa benar-benar bekerja padanya.

Para peneliti saat ini tetap bekerja pada cara-cara inovatif untuk membangun perangkat kecil seperti itu - meninggalkan silikon, meninggalkan semua metode manufaktur hari ini. Transistor seperti itu diketahui, tidak mengherankan, sebagai transistor elektron tunggal, dan mereka akan dianggap "on" atau "off" tergantung pada apakah mereka memegang elektron. (Transistor pada tingkat ini akan digunakan semata-mata sebagai saklar untuk kode biner, bukan sebagai penguat.) Pada kenyataannya, seperti perangkat kecil bisa memanfaatkan keanehan kuantum ultra-kecil. Elektron dapat dikodekan untuk memiliki tiga posisi - bukan hanya "on" atau "off" juga bisa punya "di suatu tempat antara dan mematikan." Hal ini akan membuka pintu bagi yang sama sekali baru jenis komputer. Pada saat ini, bagaimanapun, tidak ada transistor elektron tunggal yang efektif.

Bahkan tanpa teknologi baru, ada ruang untuk miniaturisasi. Dengan meningkatkan teknik bangunan pada saat ini, kemungkinan yang akan transistor saat ini setidaknya dua kali lebih kecil pada tahun 2010. Dengan hampir satu miliar transistor dalam prosesor terbaru Intel itu berarti empat kali lebih banyak transistor pada sebuah chip secara teoritis mungkin. Chips seperti ini akan memungkinkan komputer akan jauh "lebih cerdas" daripada mereka saat ini.

This entry was posted on 20.03 . You can leave a response and follow any responses to this entry through the Langganan: Posting Komentar (Atom) .

0 komentar