Kapasitor – Komponen Pasif Elektonika  

Diposting oleh elektronika

Kondensator atau sering disebut sebagai kapasitor adalah suatu komponen elektronika yang dapat menyimpan dan melepaskan muatan listrik atau energi listrik. Kondensator memiliki satuan yang disebut Farad dari nama Michael Faraday. Kondensator diidentikkan mempunyai dua kaki dan dua kutub yaitu positif dan negatif serta memiliki cairan elektrolit dan biasanya berbentuk tabung.

Berdasarkan kegunaannya kondensator kita bagi dalam 3 , yaitu :

1. Kondensator tetap (nilai kapasitasnya tetap tidak dapat diubah) : Kapasitor tetap merupakan kapasitor yang mempunyai nilai kapasitas yang tetap. Kapasitor ini dapat dibedakan dari bahan yang digunakan sebagai lapisan diantara lempeng-lempeng logam yang disebut dielektrikum. Dielektrikum tersebut dapat berupa keramik, mika, mylar, kertas, polyester ataupun film. Pada umumnya kapasitor yanng terbuat dari bahan diatas nilainya kurang dari 1 mikrofarad (1mF).

2. Kondensator elektrolit (Electrolite Condenser = Elco) : Kondensator elektrolit atau Electrolytic Condenser (sering disingkat Elco) adalah kondensator yang biasanya berbentuk tabung, mempunyai dua kutub kaki berpolaritas positif dan negatif, ditandai oleh kaki yang panjang positif sedangkan yang pendek negatif atau yang dekat tanda minus ( – ) adalah kaki negatif. Nilai kapasitasnya dari 0,47 µF (mikroFarad) sampai ribuan mikroFarad dengan voltase kerja dari beberapa volt hingga ribuan volt.

3. Kondensator variabel (nilai kapasitasnya dapat diubah-ubah) : Kapasitor tidak tetap adalah kapasitor yang memiliki nilai kapasitansi atau kapasitas yang dapat diubah-ubah. Biasanya nilai kapasitansinya dapat diubah-ubah dengan cara memutar porosnya dengan obeng.

This entry was posted on 15.55 . You can leave a response and follow any responses to this entry through the Langganan: Posting Komentar (Atom) .

0 komentar