Transistor – Komponen Aktif Elektonika  

Diposting oleh elektronika

Transistor adalah komponen aktif elektronika yang biasa dipakai sebagai penguat, sebagai sirkuit pemutus dan penyambung (switching), stabilisasi tegangan, modulasi sinyal atau sebagai fungsi lainnya. Transistor dapat berfungsi semacam kran listrik, dimana berdasarkan arus inputnya atau tegangan inputnya. Transistor terdiri dari 3 buah kaki yang masing-masing diberi nama: emitor, basis dan kolektor. Transistor memiliki dua jenis yaitu:

Transistor Bipolar dan Transistor Unipolar.

>> Transistor Bipolar adalah transistor yang memiliki dua persambungan kutub. Transistor                bipolar dapat diibaratkan dengan dua buah dioda. Untuk mengetahui kaki-kaki transistor              lebih mudah dengan melihat data book transistor yang mencantumkan kaki-kaki transistor

>> Transistor Unipolar adalah transistor yang hanya memiliki satu buah persambungan kutub.         Transistor unipolar adalah FET (Field Effect Transistor) yang terdiri dari JFET kanal N,               JFET kanal P, MOSFET kanal N, dan MOSFET kanal P.

This entry was posted on 13.48 . You can leave a response and follow any responses to this entry through the Langganan: Posting Komentar (Atom) .

0 komentar